BENCHMARKING KE DEPARTEMEN TEKNIK SISTEM DAN INDUSTRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI DAN REKAYASA SISTEM INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER Universitas Umum

Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Udayana (PSSTI FT Unud) merupakan program studi baru yang berdiri pada 25 Juni 2019 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 500/KPT/2019 tentang Izin Pembukaan Program Studi Teknik Industri Program Sarjana pada Universitas Udayana di Kabupaten Badung. PSSTI FT Unud memiliki visi, “Mewujudkan suatu lembaga pendidikan tinggi yang dapat melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yang berkualitas, berbudaya, mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan memiliki daya saing global.” Sebagai upaya pencapaian visi, PSSTI FT UNUD memiliki empat misi yaitu: 1) menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu dan menghasilkan lulusan yang memiliki moral/etika/akhlak dan integritas yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat lokal, nasional, dan internasional; 2) mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kepentingan masyarakat dan bangsa; 3) memberdayakan Unud sebagai lembaga yang menghasilkan dan mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan budaya yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat; dan 4) menghasilkan karya inovatif dan prospektif bagi kemajuan Unud serta perekonomian nasional.

Sebagai bentuk penjaminan mutu eksternal, PSSTI FT Unud telah mengikuti proses akreditasi dan mendapat peringkat Baik berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 13617/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2021. Dalam upaya melakukan perbaikan dan peningkatan mutu PSSTI FT Unud, perlu dilakukan benchmarking ke program studi dengan rumpun ilmu yang sama untuk mempelajari praktik baik (best practices) yang dapat diadopsi ke PSSTI FT Unud. Untuk itu, direncanakan untuk melakukan kegiatan benchmarking ke Departemen Teknik Sistem dan Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (DTSI-ITS) mengingat DTSI-ITS merupakan salah satu program studi Teknik Industri terbaik di Indonesia yang sudah menerima akreditasi A oleh BAN-PT, AUN QA dari ASEAN, dan ABET level dari USA.

Kegiatan dilaksanakan pada 26-27 Oktober 2022 dengan menugaskan Desak Ayu Sista Dewi, S.TI., M.Eng. dan Bryan Estavan Imanuel Sitanggang, S.T., M.T. ke Departemen Teknik Sistem dan Industri ITS, Surabaya. Dari pihak DTSI diterima oleh Dr. Nurhadi Siswanto, ST., MSIE., Ph.D. selaku Kepala Departemen Teknik Sistem dan Industri, Dyah Santhi Dewi, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D. selaku Sekretaris Departemen Teknik Sistem dan Industri, Putu Dana Karningsih, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D. selaku Kepala Laboratorium Sistem Manufaktur, Niniet Indah Arvitrida, S.T., M.T., Ph.D. selaku Kepala Laboratorium Suppy Chain Management, Nani Kurniati, S.T., M.T., Ph.D. selaku Kelompok keahlian Suppy Chain Management, Hafidz Ridho, ST., MT., MBA. selaku Kepala Laboratorium Pemodelan Quantitatif & Kebijakan Industri.

Berdasarkan studi banding yang dilakukan di Departemen Teknik Sistem dan Industri ITS terdapat beberapa hasil penting yang dirangkum yaitu terkait Kutikulum, Kegiatan Belajar Mengajar, Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Capstone Desing, Laboratorium, Penelitian dan Pengabdian, dan Penjaminan Mutu Internal.