Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa Teknik Industri 2022 Universitas Umum

Pelatihan PKM Teknik Industri merupakan salah satu program kerja yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMI) Universitas Udayana. Kegiatan ini berfokus pada pengembangan kreativitas mahasiswa program studi teknik industri dalam menggali ide hingga menyusun berbagai jenis PKM. Pada tahun 2022, terdapat 3 bidang PKM  yang difokuskan antara lain: PKM-K (Kewirausahaan), PKM-PM (Pengabdian Masyarakat), dan PKM-KC (Karsa Cipta). Pelatihan PKM Teknik Industri 2022 digelar selama 3 hari yakni pada 10 - 11 dan 25 September 2022 dengan mengusung tema “Ignite Your Creativity and Be The Agent Of Change.” Melalui kegiatan ini diharapkan terdapat banyak PKM yang dihasilkan oleh program studi teknik industri yang dapat bersaing di tingkat Fakultas, Universitas hingga Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS).

Pembukaan kegiatan pelatihan PKM Teknik Industri 2022 dilaksanakan pada Sabtu, 10 September 2022 bertempat di Aula Wicwakarma Kampus Teknik Sudirman. Kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator Program Studi Teknik Industri Universitas Udayana, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Udayana, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Udayana, Delegasi Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Udayana, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Industri, Ketua Himpunan di lingkungan Fakultas Teknik yang dibuka secara resmi oleh Ir. I Nyoman Budiastra, M.Kes, MT sebagai Wakil Dekan III Fakultas Teknik ditandai dengan pemukulan gong. Selanjutnya, setelah pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Narasumber I yaitu Ni Luh Putu Lilis Sinta Setiawati, ST,MT yang memaparkan materi tentang “Teknik Industri” yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Narasumber II yakni Dr.Ir. I Ketut Sardiana, M.Si yang membawakan materi “Pengenalan PKM dan bidang-bidang dari PKM” 

Minggu, 11 September 2022 merupakan hari kedua kegiatan pelatihan PKM Teknik Industri yang bertempat di Aula Wicwakarma Kampus Teknik Sudirman. Kegiatan yang dihadiri oleh 51 orang peserta ini diisi oleh 2 orang pembicara. Narasumber III ialah Dr. Ir. I Ketut Sardiana M.Si yang memaparkan materi terkait “ Metodologi penulisan PKM” Selanjutnya,  I made putra arya Menutup sesi pemaparan materi pada pelatihan PKM tahun ini dengan materi “Sharing session PIMNAS

Sesi terakhir pada pelatihan PKM tahun ini dilaksanakan pada Minggu, 25 September 2022 yang bertempat di Aula Wicwakarma Kampus Teknik Sudirman. Sesi ini diisi dengan presentasi proposal PKM dari 14 kelompok yang terbentuk. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sesi Review dari masing-masing dosen pembimbing. Kegiatan Pelatihan PKM Teknik Industri kemudian ditutup secara resmi oleh Dr. A.A.I.A Sri Komala Dewi ST,MT selaku Koordinator Program Studi Teknik Industri yang ditandai dengan pemukulan gong.

Program Kreativitas Mahasiswa atau kerap kali disebut PKM merupakan salah satu program kerja yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Udayana di tahun 2022. PKM Teknik Industri sendiri merupakan acara dibidang kreativitas mahasiswa dalam menyusun PKM. Terdapat 3 bidang yang difokuskan pada kegiatan PKM Teknik Industri antara lain: PKM-K (Kewirausahaan), PKM-PM (Pengabdian Masyarakat), dan PKM-KC (Karsa Cipta). PKM Teknik Industri dilaksanakan 10-11 dan 25 September 2022.

Pada tahun ini Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) mengambil tema “Ignite Your Creativity and Be The Agent of Change”. Dengan adanya PKM Teknik Industri ini diharapkan terdapat PKM-PKM yang dapat berbicara banyak dalam tingkat Fakultas, Universitas dan Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS). Pembukaan PKM Teknik Industri 2022 dilaksanakan pada tanggal  10 September 2022 bertempat di Aula Wiswakarma Kampus Sudirman yang dihadiri oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik Universitas Udayana, Koordinator Program Studi Teknik Industri Universitas Udayana, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Udayana, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Udayana, Delegasi Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Udayana, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Industri, Ketua Himpunan di lingkungan Fakultas Teknik. Pembukaan PKM secara resmi ditandai dengan pemukula gong oleh Ir. I Nyoman Budiastra, M.Kes, MT selaku Wakil Dekan III Fakultas Teknik Universitas Udayana. Dalam kata sambutanya Wakil Dekan III menekankan pentingnya PKM dalam kreativitas mahasiswa terkhususnya di lingkungan Fakultas Teknik dan harapanya agar dengan adanya wadah PKM Teknik Industri ini bisa tembus sampai dengan PIMNAS 2023. Adapun rangkain acara pada tanggal 10 dan 11 September diisi oleh pemateri pengenalan PKM dan tata cara penulisan PKM yang baik dan benar. 

                Pada tanggal 25 September acara ditutup dengan presentasi oleh peserta kelompok yang mempresentasikan PKM yang telah mereka buat dengan di review oleh dosen pembimbing masing-masing kelompok. Seluruh kegiatan PKM Teknik Industri dilaksanakan di lingkungan Kampus Sudirman. Dan kegiatan PKM Teknik Industri 2022 ini ditutup oleh Koordinator Program Studi Teknik Industri pada tanggal 25 September 2022.