STUDI BANDING KE PROGRAM STUDI SARJANA TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS UDAYANA BANDUNG, JAWA BARAT Universitas Umum

Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Udayana (PSSTI FT Unud) merupakan program studi baru yang berdiri pada 25 Juni 2019 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 500/KPT/2019 tentang Izin Pembukaan Program Studi Teknik Industri Program Sarjana pada Universitas Udayana di Kabupaten Badung. PSSTI FT Unud memiliki visi, “Mewujudkan suatu lembaga pendidikan tinggi yang dapat melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yang berkualitas, berbudaya, mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan memiliki daya saing global.” Sebagai upaya pencapaian visi, PSSTI FT Unud memiliki empat misi yaitu: 1) menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu dan menghasilkan lulusan yang memiliki moral/etika/akhlak dan integritas yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat lokal, nasional, dan internasional; 2) mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kepentingan masyarakat dan bangsa; 3) memberdayakan Unud sebagai lembaga yang menghasilkan dan mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan budaya yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat; dan 4) menghasilkan karya inovatif dan prospektif bagi kemajuan Unud serta perekonomian nasional.

Sebagai bentuk penjaminan mutu eksternal, PSSTI FT Unud telah mengikuti proses akreditasi dan mendapat peringkat Baik berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 13617/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2021. Dalam upaya melakukan perbaikan dan peningkatan mutu PSSTI FT Unud, perlu dilakukan studi banding (benchmarking) ke program studi dengan rumpun ilmu yang sama untuk mempelajari praktik baik (best practices) yang dapat diadopsi ke PSSTI FT Unud. Untuk itu, direncanakan untuk melakukan kegiatan studi banding ke Program Studi Sarjana Teknik Industri Institut Teknologi Bandung. Mengingat Teknik Industri ITB merupakan program studi tertua di Indonesia yang berfokus pada bidang Teknik Industri dan melihat perkembangan pesat pada penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 29 – 31 Agustus 2022 bertempat di Gedung Matthias Aroef, Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung. Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana menugaskan Dr. Anak Agung Istri Agung Sri Komaladewi, S.T., M.T. dan Ni Luh Putu Lilis Sinta Setiawati, S.T., M.T. Kemudian dari pihak Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung diterima oleh Prof. Brian Yuliarto, ST., M.Eng., Ph.D. selaku Dekan Fakultas Teknologi Industri ITB.

                Berdasarkan studi banding yang dilakukan di Program Studi Sarjana Teknik Industri ITB terdapat beberapa hasil penting yang dirangkum yaitu terkait, Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Manajemen Kelompok Keahlian di TI ITB, Proses Pembelajaran dan Praktikum di Program Studi Teknik Industri, Implementasi Mata Kuliah Capstone Design, Kegiatan Gugus Kendali Mutu, Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi.